Silahkan Pilih Background Warna Sesuai Keinginan Kamu :

Indentifikasi Diferensiasi & Stratifikasi Sosial pada Pedesaan Sekitar Surakarta Jawa Tengah

Share on :

Kuis Take Home Sosiologi Pertanian Modul 6 & 7, Kelas C Agribisnis 2014.


Nama          : MUH. DIQQI SAIFULLOH
NIM           : 145040100111114
Kelas          : C
Prodi           : Agribisnis


Jurnal bisa download disini

A. MODUL 6
1.    Identifikasi & jelaskan situasi kondisi umum desa tersebut, meliputi data dan informasi yang ada pada jurnal acuan! (dapat meliputi keadaan ekonomi, pendidikan, kepemilikan lahan dll)

Dari jurnal tersebut kondisi desa di sentra industri kecil di pedesaan sekitar Surakarta Jawa Tengah seperti desa pada umumnya namun di desa tersebut terjadi alih profesi yang dulunya masyarakat desa tersebut bermatapencarian sebagai petani berpindah sebagai pengerajin kecil. Hal tersebut terjadi karena terbatasnya pekerjaan di sektor pertanian. Terbatasnya lahan pertanian juga menjadi factor alih profesi tersebut.

Dalam keadaan ekonomi masyarakat desa tersebut terbagi menjadi beberapa profesi yaitu:
Pertama buruh pengrajin mereka ini adalah orang yang bekerja dan mendapatkan upah yang berasal dari pengrajin. Upah yang di berikan oleh pengrajin setiap hari tetapi dibayarkan setiap akhir minggu. Kebanyakan mereka juga merupakan petani yang mencari pekerjaan sambilan untuk menambah penghasilan. Dalam status sosial ini buruh pengrajin memiliki status ekonomi yang paling rendah di desa ini.

Kedua pengrajin pekerja mereka ini adalah orang yang memiliki usaha kecil yang di gunakan untuk mencari nafkah. Dalam hal ini mereka memperkerjakan buruh pengrajin. Mereka biasanya menjual keliling hasil industrinya di desa tersebut atau melayani pesanan sebagai pemasok bahan mentah kepada show room pemesan, sehingga perekonomian pengrajin kecil ini lebih baik daripada buruh pengrajin di desa ini.

Pengrajin pengusaha mereka ini merupakan kelompok atau orang yang memiliki usaha yang lumayan besar dengan memiliki banyak buruh pengrajin yang mereka pekerjakan dengan posisi yang berbeda beda sehingga mendapatkan hasil produksi yang lumayan besar untuk di pasarkan. Sehingga mereka memiliki perokonomian yang paling baik di desa ini.

Bagi beberapa orang di desa tersebut kebanyakan hanya tamatan SD dan ditambah dengan pendidikan magang yang menjadi kunci untuk memulai dalam proses alih pekerjaan ini. Tidak ada sekolah khusus yang menyiapkan seseorang menjadi pengrajin/buruh pengrajin, kecuali bahwa proses pendidikan harus dijalaninya secara praktikal dengan orang yang telah terlebih dahulu memulainya dan berhasil
menjalankannya. Waktu magang tidak dapat ditentukan lamanya, dan sangat tergantung pada kemampuan pemagang menyerap pengetahuan yang dipelajarinya dan kemauannya kapan harus meninggalkan pekerjaan magang, jika sekiranya telah ada kesempatan baginya untuk memulai sendiri pekerjaan tersebut.

2.    Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya diferensiasi & stratifikasi sosial pada daerah tersebut!

Difernsiasi sosialdi desa tersebut muncul karena adanya perbedaan kekayaan/ pemilikan barang, harga diri, dan pekerjaan, yang kemudian mempertajam stratifikasi sosial. Di desa tersebut pengrajin secara keseluruhan lebih tinggi status sosialnya dibandingkan petani. Kepemilikan barang seperti mobil, sepeda motor, TV, rumah yang permanen, dan lainnya yang lebih banyak dimiliki oleh pengrajin, misalnya, menjadi ukuran bagi cara pandang masyarakat membandingkan dua jenis pekerjaan ini.

Dengan banyaknya orang petani/buruh tani yang pindah pekerjaan sebagai pengrajin/buruh pengrajin di desa-desa sentra industri kecil, sehingga masyarakat tersebut menjadi masyarakat yang lebih majemuk. Terjadinya transformasi pekerjaan petani ke pengrajin, telah memperjelas munculnya stratifikasi sosial ( setidaknya dalam kelas pekerja industri kecil itu), yaitu: adanya kelas buruh, kelas pengrajin dan kelas pedagang pengumpul/pengusaha. Ketiga pelapisan tersebut sekaligus membedakan status sosial diantara mereka.


3.    Jelaskan pandangan dan kesimpulanmu mengenai dampak stratifikasi dan diferensiasi sosial yang terjadi pada daerah tersebut!

Dari jurnal tersebut dapat saya simpulkan diferensiasi sosial dan stratifikasi sosial memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah menambah motivasi warga untuk bekerja giat, kesempatan belajar berusaha terutama melalui magang, proses kesinambungan belajar, yang didukung oleh pemilikan modal ketrampilan dan modal usaha sebagai pemilikan aset usaha, serta tersedianya pasar yang mau menampung produksinya akan mengantarkan seseorang menjadi pengrajin yang berhasil. Dampak negatifnya terjadinya sekat-sekat pembatas yang terjadi di dalam masyarakat seperti yang mungkin terjadi antara pemilik usaha dan buruh pengrajin yang memiliki status dan kepentingan yang berbeda sehingga memungkinkan terjadinya konflik antara kedua belah pihak.

B. MODUL 7
1.    Deskripsi kegiatan ekonomi dan kedudukan sosial yang ada pada daerah tersebut!

Kegiatan ekonomi  di desa tersebut meliputi pertanian dan perindustrian atau pengerajin. Dalam jurnal tersebut dijelaskan bahwa pada desa tersebut pada awalnya bergantung pada pertanian namun karena pekerjaan sebagai pengerajin lebih menguntungkan dan dianggap lebih tinggi kedudukan sosialnya sehingga para petani tersebut beralif profesi menjadi pengerajin industry kecil. Namun tidak semua petani beralih profesi, masih ada juga buruh tani dan pemilik lahan di desa tersebut. Dari peristiwa tersebut muncul lah berbagai kelompok yang mempunyai kedudukan social yang berbeda terkait kegiatan ekonomi di desa tersebut yaitu:

Buruh pengrajin kegiatan ekonomi yang mereka lakukan adalah bekerja sebagai petani, bekerja sebgai buruh pengrajin pada pemilik usaha dengan upah setiap hari yang di bayarkan setiap akhir minggu dan itupun untuk mengisi waktu luang saat tidak bertani, gaji tergantung pada pemilik usaha terkadang dengan model borongan atau jasa harian, proses buruh pengrajin mereka di sebut dengan magang atau pegawai yang tidak tetap terkadang mereka hanya di bayardengan makan dan tempat tinggal untuk buruh yang berasal dari luar daerah. Sedangkan kedudukan sosialnya buruh pengrajin yan juga sebagai petani merupakan status sosial yang paling rendah, pekerjaan mereka juga merupakan pekerjaan yang berada di tingkat terendah, selain itu mereka harus menghormati pemilik usaha agar mereka memiliki hubungan yang baik dengan pemilik usaha sehingga mereka dapat bekerja dengan baik di dalam usaha itu.
pengrajin pekerja melakuakn kegiatan ekonomi dan memiliki kedudukan sosial sebagai berikut. Dalam perekonomian pengrajin pekerja melakukan usaha dalam industri kecil, dalam proses produksi mereka mengerjakan sendiri ataupun dibantu oleh buruh pengrajin dengan jumlah yang sedikit, proses produksinya menghasilkan produk yang tidak terlu besar karena keterbatasan skala usahanya, dalam hal pemasaran pengrajin pekerja memasarkan produknya secara berkeliling dan terkadang mendapat pesanan dari shoroom yang memburuhkan bahan mentah sehingga dapat dikatakan sebagai pemasok bahan mentah ke industri yang lebih besar. Sedangkan kedudukan sosialnya pengrajin pekerja memiliki kedudukan yang lebih baik daripada buruh pengrajin karena mereka dapat memperkerjakan buruh tani, memiliki status sosial karena pekerjaan mereka lebih baik dan memiliki perekonomian yang baik sehingga kedudukan sosialnya lebih baik daripada buruh pengrajin.

Pengrajin pengusaha memiliki kegiatan ekonomi dan kedudukan sosial yang paling tinggi diantara dua profesi lainnya. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh pengarajin pengusaha memiliki usaha yang paling besar diantara yang lainnya, mereka telah menjalin hubungan kerjasama denagn pengusaha lain seperti eksportir dan importir, mereka memiliki modal yang sudah cukup untuk produksi kerajinannya, mereka banyak meperkerjakan buruh pengrajin dan juga menyewakan tanah kepada orang lain untuk usaha. Sedangkan kedudukan sosialnya mereka memiliki status sosial dan jenis pekerjaan yang paling tinggi di desa itu walaupun begitu mereka juga saling menghormati agar memiliki hunbungan yang baik terhadap semua warga desa. Selain itu mereka memiliki peran penting dalam pembangunan perekonomian desa tersebut karena dapat menjadi motivasi bagi warga yang lain untuk memiliki taraf hidup yang tinggi.

2.    Jelaskan pandangan dan kesimpulanmu mengenai kegiatan ekonomi dan kedudukan sosial yang terjadi pada dearah tersebut!


Kegiatan ekonomi dan kedudukan social di desa tersebut dapat disimpulkan yaitu kedudukan social di desa ini dipengaruhi oleh kedudukan ekonomi atau tingkat perekonomian masayrakat itu sendiri. Jadi apabila tingkat ekonomi seseorang itu rendah dengan begitu kedudukan sosialnya rendah pula. Begitu juga sebaliknya apabila tingkat social seseorang itu tinggi maka kedudukan sosialnya ikut tinggi juga. Namun dari peristiwa tersebut terdapat sisi positifnya yaitu masyarakat dapat memotivasi diri untuk lebih bekerja keras agar dapat meningkatkan kedudukan sosialnya di desa tersebu. Walaupun dengan perbedaan kedudukan dan status sosial mereka harus bisa menghormati warga yang lain agar tercapai hubungan yang baik dan kejasama yang saling menguntungkan antara berbagi pihak dan tercapai kehidupan bersama yang rukun dan tenang.

0 komentar on Indentifikasi Diferensiasi & Stratifikasi Sosial pada Pedesaan Sekitar Surakarta Jawa Tengah :

Post a Comment and Don't Spam!

Setelah dibaca
Monggo komentar disini...

 

Mengenai Saya

Foto saya
Jember, Jawa Timur, Indonesia
Silahkan Follow me..
Free Automatic BacklinkFree Automatic Backlink MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkFree Plugboard Link Banner ButtonFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services Top SEO Backlinks Best Backlink Blog Backlink Auto BacklinkHigh BacklinkWebsite Directory Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks
bisnis online

Pengikut

Total Tayangan Halaman